IDENTIFIKASI MISKONSEPSI HUKUM-HUKUM NEWTON PADA SISWA SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa kelas XI IPA di SMAN 3 JEMBER
konsep Hukum-Hukum Newton. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif.
Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian
ini terdiri dari 69 siswa. Miskonsepsi ini akan diidentifikasi dengan menggunakan Certainty of
Response Index (CRI). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes objektif yang disertai dengan
Certainty of Response Index (CRI). Berdasarkan hasil penelitian miskonsepsi secara keseluruhan
didapat untuk konsep Hukum Newton pada kelas XI IPA 2 sebesar 20,6% dan pada kelas XI IPA 3
sebesar 28,6%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab miskonsepsi pada siswa berasal dari
pemahaman siswa.
Kata Kunci: Miskonsepsi, Certainty of Response Index (CRI), Konsep Hukum-Hukum Newton