IDENTIFIKASI MISKONSEPSI HUKUM-HUKUM NEWTON PADA SISWA SMA

  • Poppy Yasvin Kusumaning Fitri UNIVERSITAS JEMBER
  • Sri Astutik UNIVERSITAS JEMBER
  • Bambang Supriadi UNIVERSITAS JEMBER

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa kelas XI IPA di SMAN 3 JEMBER
konsep Hukum-Hukum Newton. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif.
Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian
ini terdiri dari 69 siswa. Miskonsepsi ini akan diidentifikasi dengan menggunakan Certainty of
Response Index (CRI). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes objektif yang disertai dengan
Certainty of Response Index (CRI). Berdasarkan hasil penelitian miskonsepsi secara keseluruhan
didapat untuk konsep Hukum Newton pada kelas XI IPA 2 sebesar 20,6% dan pada kelas XI IPA 3
sebesar 28,6%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab miskonsepsi pada siswa berasal dari
pemahaman siswa.
Kata Kunci: Miskonsepsi, Certainty of Response Index (CRI), Konsep Hukum-Hukum Newton

Author Biographies

Poppy Yasvin Kusumaning Fitri, UNIVERSITAS JEMBER

Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP

Sri Astutik, UNIVERSITAS JEMBER

Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP

Bambang Supriadi, UNIVERSITAS JEMBER

Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP

Published
2018-04-06
How to Cite
FITRI, Poppy Yasvin Kusumaning; ASTUTIK, Sri; SUPRIADI, Bambang. IDENTIFIKASI MISKONSEPSI HUKUM-HUKUM NEWTON PADA SISWA SMA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 10-22, apr. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/7363>. Date accessed: 05 nov. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.