IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI USAHA DAN ENERGI MENGGUNAKAN CRI PADA SISWA SMA DI BONDOWOSO
Abstract
Konsep-konsep fisika yang tertanam pada siswa harus benar secara ilmiah dan sesuai dengan konsep
konsep fisika yang ada sehingga tidak mengalami miskonsepsi. Identifikasi yang dilakukan pada
penelitian ini terpacu pada miskonsepsi materi usaha dan energi pada siswa SMA di Bondowoso
dengan menggunakan tes. Teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yakni teknik
Certainty of Response Index (CRI). Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA di
SMAN 1 Tenggarang, SMAN 3 Bondowoso, dan SMAN 1 Pujer. Instrumen tes yang digunakan yaitu
berbentuk tes pilihan ganda disertai CRI dan alasan. Hasil dari tes tersebut adalah berupa data tingkat
CRI dan pengklasifikasian kategori siswa dalam tiga kelompok yakni paham konsep, tidak tahu
konsep dan miskonsepsi. Dari data yang didapat, untuk nilai CRIS tidak ada yang melebihi angka 2,5
pada tiap indikator dan fraksi jawaban benar dibawah angka 0,5 yang berarti jumlah soal yang dijawab
benar kurang dari jumlah soal yang dijawab salah, maka untuk semua nomor kecenderungan siswa
tidak tahu konsep. Secara keseluruhan siswa SMA di Bondowoso untuk materi usaha dan energi
mengalami miskonsepsi sebesar 21,59% dan dapat digolongkan ke dalam miskonsepsi kategori rendah
karena berada di bawah 30%