ANALISIS KORELASI MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN RANGKAIAN ARUS SEARAH DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
Hasil studi PISA (Program for International Student Assessment) tahun 2015 menunjukkan bahwa
Indonesia berada pada urutan 69 dari 72 negara peserta survey. Tes PISA merupakan studi
internasional yang mencakup tiga kompetensi dasar yaitu membaca, matematika dan, sains siswa
sekolah yang dilkukan tiga tahun sekali dan mengukur apa yang diketahui siswa dan apa yang
dapat siswa lakukan dengan pengetahuannya. Keberhasilan siswa dalam belajar dapat dipengaruhi
oleh faktor dari dalam individu maupun dari luar individu diantaranya minat belajar dan
kemampuan berpikir kritis. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana korelasi antara
minat belajar fisika pokok bahasan rangkaian arus searah terhadap kemampuan berpikir kritis
siswa?. Penelitian ini menggunakan tes dan angket sebagai metode pengumpulan data.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa; Korelasi antara minat
belajar dengan kemampuan berfikir kritis siswa pada pokok bahasan rangkaian arus searah
tergolong rendah di MAN Bawu Jepara yaitu 0,315.