SISTEM MONITORING ARUS DAN TEGANGAN PADA BATERAI KENDARAAN BERMOTOR(ACCU) BERBASIS ARDUINO UNO

  • Alex Harijanto
  • Zainul As'adi
  • Bambang Supriadi

Abstract

Kendaraan motor membutuhkan baterai untuk menyimpan energi listrik dalam bentuk kimia, yang akan digunakan untuk memasok listrik ke sistem pengapian, lampu dan komponen listrik lainnya. Masalah yang muncul adalah pengguna sepeda motor tidak mengetahui kondisi baterai yang telah mencapai tingkat tegangan di bawah rata-rata. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah komponen pengatur dan dinamo ,dimana nilai voltase yang dihasilkan oleh dinamo dinyalakan yang baik dan normal adalah kisaran 12 V-13,6V. Maka dibuatlah desain perangkat elektronik yang bisa dipantau dana dapat mengukur berbagai kondisi seperti voltase baterai dan arus baterai. Alat ini menggunakan Arduino UNO sebagai mikrokontrolernya dan data tersebut akan tersimpan pada kartu memori untuk di tampilakn pada laptop sehingga pengguna bisa mengetahui kondisi baterai kendaraan secara langsung tanpa harus repot-repot membongkar baterai untuk melihat kondisi listrik dalam sebuah siklus motor.

Published
2017-12-23
How to Cite
HARIJANTO, Alex; AS'ADI, Zainul; SUPRIADI, Bambang. SISTEM MONITORING ARUS DAN TEGANGAN PADA BATERAI KENDARAAN BERMOTOR(ACCU) BERBASIS ARDUINO UNO. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 7, dec. 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6385>. Date accessed: 07 july 2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.