ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP GEJALA GLOBAL WARMING PADA SISWA KELAS XII SMA di KABUPATEN JEMBER

  • Sudarti .
  • Virginia Mahendra Pradini
  • Trapsilo Prihandono

Abstract

Global warming adalah pelajaran yang banyak mengandung teori dan tergolong mudah untuk dipelajari, namun berdasarkan observasi justru banyak siswa yang secara umum tergolong rendah tingkat pemahaman teoritisnya, dikarenakan sebagian besar dari mereka mengabaikan pelajaran teori. Penelitian ini membahas analisis pemahaman konsep gejala global warming pada siswa kelas XII SMA di Kabupaten Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pemahaman konsep siswa pada materi gejala global warming. Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Adapun data yang diambil dari penelitian ini berasal dari hasil soal tes yang diberikan pada siswa, setelah itu dianalisis tingkat pemahaman konsep siswa yang menggunakan pacuan indikator yang sudah di tentukan, kemudian dicari besar prosentase tingkat pemahaman siswanya berdasarkan indikator yang telah di tentukan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep siswa kelas XII SMA di Kabupaten Jember pada materi gejala global warming mencapai predikat sangat baik senilai 62,8%, Baik 37% baik, Cukup 0%, kurang 0% dan kateori sangat kurang mencapai 0%, Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata kelas XII SMA di Kabupaten Jember memiliki pemahaman konsep yang tergolong baik hingga sangat baik.

Published
2017-12-23
How to Cite
., Sudarti; PRADINI, Virginia Mahendra; PRIHANDONO, Trapsilo. ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP GEJALA GLOBAL WARMING PADA SISWA KELAS XII SMA di KABUPATEN JEMBER. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 8, dec. 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6380>. Date accessed: 05 aug. 2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.