ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP GEJALA GLOBAL WARMING PADA SISWA KELAS XII SMA di KABUPATEN JEMBER
Abstract
Global warming adalah pelajaran yang banyak mengandung teori dan tergolong mudah untuk dipelajari, namun berdasarkan observasi justru banyak siswa yang secara umum tergolong rendah tingkat pemahaman teoritisnya, dikarenakan sebagian besar dari mereka mengabaikan pelajaran teori. Penelitian ini membahas analisis pemahaman konsep gejala global warming pada siswa kelas XII SMA di Kabupaten Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pemahaman konsep siswa pada materi gejala global warming. Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Adapun data yang diambil dari penelitian ini berasal dari hasil soal tes yang diberikan pada siswa, setelah itu dianalisis tingkat pemahaman konsep siswa yang menggunakan pacuan indikator yang sudah di tentukan, kemudian dicari besar prosentase tingkat pemahaman siswanya berdasarkan indikator yang telah di tentukan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep siswa kelas XII SMA di Kabupaten Jember pada materi gejala global warming mencapai predikat sangat baik senilai 62,8%, Baik 37% baik, Cukup 0%, kurang 0% dan kateori sangat kurang mencapai 0%, Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata kelas XII SMA di Kabupaten Jember memiliki pemahaman konsep yang tergolong baik hingga sangat baik.