ANALSIS PEMAHAMAN KONSEP MEKANISME EFEK RUMAH KACA PADA SISWA KELAS XII SMA/MA DI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Fisika merupakan salah satu pembelajaran sains yang sanagat erat kaitannya dengan kehidupan sehari;hari. Fisika mempelajari tentang alam dan gejalanya mulai dari yang bersifat riil hingga bersifat abstrak. Setiap pokok pembelajaran fisika memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda, maka tentulah tingkat pemahaman konsep siswa terhadap setiap pokok bahasan tersebut juga berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep mekanisme efek rumah kaca pada siswa SMA/MA Negeri di Kabupaten Jember. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII sekolah menengah atas yang ada di Kabupaten Jember. Identifikasi dilakukan dengan menggunakan tes berupa uraian/essay sebanyak 5 soal, Selanjutnya dianalisis berdasarkan materi dan indikator pemahaman konsep menurut Taksonomi SOLO. Terdapat 5 tingkatan pemahaman konsep menurut taksonomi SOLO, yaitu prastruktural, unistruktural, multistruktural, relasional, dan extended abstract. Pemahaman konsep siswa berdasarkan materi yang tertinggi adalah pada sub pokok bahasan dampak efek rumah kaca dan terendah pada sub pokok bahasan mekanisme efek rumah kaca. Pemahaman konsep siswa yang tertinggi yaitu pada tingkat unistruktural dan terendah pada tingkat extended abstract. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep siswa masih tergolong rendah.