IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA POKOK BAHASAN RANGKAIAN ARUS SEARAH DI KELAS XII MAN 1 JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami oleh siswa kelas XII MA Negeri 1 Jember pada pokok bahasan rangkaian arus searah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah three tier test (tes tiga tingkat) yaitu soal yang berbentuk pilihan ganda beralasan yang mengandung CRI (Certainty Response Index) yang memiliki rentang nilai 0-5 yang besarnya sesuai dengan tingkat kepercayaan siswa menjawab soal. Jumlah soal yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 12 soal yang mengandung konsep arus listrik, Hukum Ohm, rangkaian ser, rangkaian paralel, dan Hukum Kirchoff 1. Cara untuk melihat siswa yang paham konsep, tidak paham konsep, miskonsepsi dan eror dilihat dari salah atau benar siswa menjawab tingkat pertama, kedua dan juga melihat CRI nya. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil bahwa masih banyak siswa yang mengalami miskonsepsi. Pada soal mengenai konsep arus listrik prosentase siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 63,65%, hukum ohm sebesar 35,2%, rangkaian hambatan seri sebesar 10,8%, rangkaian hambatan paralel sebesar 39,6%, Hukum Kirchoff sebesar 43,9%. Miskonsepsi tertinggi ada pada soal nomor 10 mengenai arus listrik, mencapai 72,2% yaitu sebanyak 114 siswa.