PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PEMBUATAN TAHU TAMANAN PADA POKOK BAHASAN TEKANAN DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMPN 1 TAMANAN

  • Siti Rossidatul Munawaroh
  • Trapsilo Prihandono
  • Sri Wahyuni

Abstract

Modul IPA berbasis kearifan lokal pembuatan tahu tamanan adalah suatu produk pembelajaran IPA yang dikembangkan dengan pengintegrasian kearifan lokal sekitar siswa yaitu proses pembuatan tahu tamanan. Modul yang dikembangkan dibatasi pada pokok bahasan tekanan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan desain pengembangan 4-D yang dilaksanakan di SMPN 1 Tamanan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas modul, efektifitas modul serta respon siswa setelah menggunakan modul IPA berbasis kerifan lokal pemuatan tahu tamanan pada pokok ahasan tekanan. Instrumen yang digunakan daam validasi modul adalah lembar validasi. Efektifitas modul diperoleh dari analisis hasil belajar ranah kognitif dengan menggunakan pretest dan postest. Respon siswa diperoleh dari analisis angket respon yang diisi oleh siswa setelah menggunakan modul IPA berbasiskearifan lokal pembuatan tahu tamanan. Hasil penelitian menunjukan modul IPA berbasis kearifan lokal pembuatan tahu tamanan dikategorikan valid dengan nilai Va 4 dan persentase 80%.  Efektifitas modul dikategorikan sedang dengan N-gain 0,61. 3) Respon siswa setelah menggunakan modul IPA berbasis kearifan lokal pembuatan tahu tamanan pada pokok bahasan tekanan dalam pembelajaran IPA di SMPN1 Tamanan dikategorikan respon sangat positif dengan nilai PR 86,31%.

Published
2017-12-23
How to Cite
MUNAWAROH, Siti Rossidatul; PRIHANDONO, Trapsilo; WAHYUNI, Sri. PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PEMBUATAN TAHU TAMANAN PADA POKOK BAHASAN TEKANAN DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMPN 1 TAMANAN. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 8, dec. 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6376>. Date accessed: 05 aug. 2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.