PENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI VERBAL DAN MATEMATIK SISWA KELAS X GB 1 DI SMKN 2 JEMBER MELALUI MODEL PBI DISERTAI LKS BERBASIS MULTIREPRESENTASI
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan beberapa representasi siswa setelah menggunakan model problem based instruction disertai LKS maple fisika berbasis multirepresentasi kelas X GB 1 di SMK Negeri 2 Jember. Model pembelajaran PBI adalah salah satu model pembelajaran yang dapat membangkitkan aktivitas dan nalar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X GB 1 tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 38 siswa laki-laki. Rancangan penelitian ini menggunakan siklus Hopkins. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah representasi verbal dan matematik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Peningkatan kemampuan representasi dari setiap siklus dengan menggunakan rumus yang dinormalisasi. Hasil penelitian dari nilai N-gain pada siklus sebelum siklus III untuk representasi verbal adalah 0,39 pada kategori sedang, sedangkanuntuk representasi matematik adalah 0,71 pada kategori tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan representasi verbal dan kemampuan representasi matematik siswa setelah menggunakan model Problem Based Instruction dengan lembar kerja siswa mata pelajaran fisika berbasis multirepresentasi di kelas X GB 1 di SMK Negeri 2 Jember.