PENGEMBANGAN BUKU TEKS PELAJARAN IPA TERINTEGRASI MITIGASI BENCANA PADA POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANG

  • Sri Wahyuni
  • Rhoshandhayani Koesiyanto Taslim
  • Rayendra Wahyu Bachtiar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validasi, respon siswa dan kesiapsiagaan terhadap bencana gempa bumi dan tsunami setelah siswa menggunakan buku teks pelajaran IPA terintegrasi mitigasi bencana. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang menghasilkan buku teks pelajaran IPA terintegrasi mitigasi bencana pada pokok bahasan getaran dan gelombang. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Hannafin dan Peck, yang terdiri dari analisis kebutuhan, desain, pengembangan dan implementasi yang dikaitkan dengan evaluasi dan revisi pada setiap tahapannya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian validator terhadap buku teks pelajaran IPA adalah 4.04 pada rentang 1-5 yang dinyatakan valid. Respon siswa terhadap buku teks pelajaran IPA ini adalah positif dengan nilai persentase 96,1%. Kesiapsiagaan siswa terhadap bencana memiliki indeks 93 yang menunjukkan bahwa siswa telah sangat siap menghadapi bencana.

Published
2017-12-23
How to Cite
WAHYUNI, Sri; TASLIM, Rhoshandhayani Koesiyanto; BACHTIAR, Rayendra Wahyu. PENGEMBANGAN BUKU TEKS PELAJARAN IPA TERINTEGRASI MITIGASI BENCANA PADA POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANG. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 7, dec. 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6373>. Date accessed: 05 aug. 2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.