PENGEMBANGAN MODUL ALAT-ALAT OPTIK BERBASIS PICTORIAL RIDDLE PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI MADRASAH ALIYAH

  • Nur Eliana
  • Trapsilo Prihandono
  • Sri Wahyuni

Abstract

Belajar dengan menggunakan gambar teka-teki adalah kegiatan belajar dengan menggunakan bahan ajar yang berinovasi. Pictorial riddle atau metode gambar teka-teki adalah suatu metode untuk mengembangkan seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan mengamati secara sistematis dan logis. Hal tersebut sesuai dengan standar kompetensi pada materi alat-alat optik, yaitu siswa dituntut untuk dapat mengamati bagian-bagian alat-alat optik dan juga sifat-sifat bayangannya. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk menghasilkan produk Modul Alat-alat Optik Berbasis Pictorial Riddle pada Mata Pelajaran Fisika di MA. Produk ini dirancang untuk membantu siswa agar materi yang diterima dapat diingat lebih lama dalam pikiran siswa, sebab belajar dengan memahami akan bermakna daripada belajar dengan menghafal. Desain pengembangan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4D. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Annuriyyah yang berjumlah 25. Hasil data analisis penilitian ini meliputi, hasil validasi ahli sebesar 77,91% sehingga kevalidan modul dikategorikan cukup valid, hasil skor nilai rata-rata N-gain sebesar 0,46 sehingga kefektifan modul dikategori sedang, dan hasil skor respon siswa sebesar 91,5 % sehingga memberikan dampak positif pada pembelajaran fisika. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul alat-alat optik berbasis pictorial riddle dikategorikan cukup valid, efektif digunakan dalam pembelajaran fisika dan memiliki dampak positif dalam pembelajaran fisika.

Published
2017-12-23
How to Cite
ELIANA, Nur; PRIHANDONO, Trapsilo; WAHYUNI, Sri. PENGEMBANGAN MODUL ALAT-ALAT OPTIK BERBASIS PICTORIAL RIDDLE PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI MADRASAH ALIYAH. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 7, dec. 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6372>. Date accessed: 05 aug. 2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.