PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF FISIKA BERWAWASAN SETS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar interaktif fisika berwawasan SETS (Science Environment Technology Society) yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa SMA/MA di Kabupaten Jember. Serta, kurangnya bahan ajar yang mampu mengajak dan membiasakan siswa untuk berpikir kritis. Desain penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4-D. Hasil dari validasi ahli diperoleh bahwa bahan ajar interaktif fisika berwawasan SETS valid konstruk dan valid isi. Berdasarkan hasil uji pengembangan didapatkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan kategori peningkatan sedang. Berdasarkan hasil angket, respons rata-rata siswa positif pada setiap indikator yang dimunculkan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar interaktif fisika berwawasan SETS valid logis maupun empiris dan dapat digunakan sebagai bahan ajar pendukung dalam pembelajaran fisika untuk SMA/MA.