KELAYAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS OPEN-ENDED QUESTIONS PADA POKOK BAHASAN GETARAN HARMONIK SEDERHANA DI SMA
Abstract
Penelitian ini adalah sebuah penelitian pengembangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kelayakan LKS berbasis open-ended questions pada pokok bahasan getaran harmonik sederhana. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang dimodifikasi sehingga hasilnya menjadi: (1) tahap pendefinisian, (2) tahap perancangan, dan (3) tahap pengembangan. Desain uji coba lapangan adalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis open-ended questions pada pokok bahasan getaran harmonik sederhana layak digunakan dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari penilaian validasi yang valid dengan nilai mencapai 4,23 yang sesuai dengan kriteria BSNP. Penilaian keefektifan yang ditunjukkan dari peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan kriteria tinggi yang ditunjukkan dengan perhitungan skor gain 0,72. Penilaian kepraktisan yang ditunjukkan dari respon siswa menunjukkan persentase 78% dengan kriteria praktis. Dapat disimpulkan LKS berbasis open-ended questions pada pokok bahasan getaran harmonik sederhana efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.