KELAYAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS OPEN-ENDED QUESTIONS PADA POKOK BAHASAN GETARAN HARMONIK SEDERHANA DI SMA

  • Rizky Dwi Alfiani
  • Alex Harijanto
  • Sri Wahyuni

Abstract

Penelitian ini adalah sebuah penelitian pengembangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kelayakan LKS berbasis open-ended questions pada pokok bahasan getaran harmonik sederhana. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang dimodifikasi sehingga hasilnya menjadi: (1) tahap pendefinisian, (2) tahap perancangan, dan (3) tahap pengembangan. Desain uji coba lapangan adalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis open-ended questions pada pokok bahasan getaran harmonik sederhana layak digunakan dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari penilaian validasi yang valid dengan nilai mencapai 4,23 yang sesuai dengan kriteria BSNP. Penilaian keefektifan yang ditunjukkan dari peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan kriteria tinggi yang ditunjukkan dengan perhitungan skor gain 0,72. Penilaian kepraktisan yang ditunjukkan dari respon siswa menunjukkan persentase 78% dengan kriteria praktis. Dapat disimpulkan LKS berbasis open-ended questions pada pokok bahasan getaran harmonik sederhana efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Published
2017-12-23
How to Cite
ALFIANI, Rizky Dwi; HARIJANTO, Alex; WAHYUNI, Sri. KELAYAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS OPEN-ENDED QUESTIONS PADA POKOK BAHASAN GETARAN HARMONIK SEDERHANA DI SMA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 5, dec. 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6366>. Date accessed: 31 mar. 2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.