PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN GERAK HARMONIK DI SMA
Abstract
Penelitian ini berfokus pada penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E pada pokok bahasan gerak harmonis di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Tujuan dari penelitian ini meliputi: mengkaji pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap sikap ilmiah dan hasi belajar siswa pada pokok bahasan gerak harmonis di SMA serta mendeskripsikan motivasi belajar siswa selama mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil Analisis data sikap ilmiah dengan menggunakan uji t-test dengan bantuan SPSS 20 diperoleh nilai sig.(2-tailed) = 0,029 yang menunjukkan bahwa model Learning Cycle 7E berpengaruh secara signifikan terhadap sikap ilmiah siswa. Sedangkan hasilAnalisis data dari aspek kognitif siswa diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,001 artinya rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol. dan motivasi belajar siswa selama menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E diperoleh rata-rata sebesar 76%, artinya motivasi belajar siswa termasuk dalam kategori termotivasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Learning Cycle 7E berpengaruh secara signifikan terhadap pembelajaran fisika.