PENGEMBANGAN MODUL DILENGKAPI KEJADIAN NYATA PADA KONSEP LISTRIK DINAMIS IPA SMP

  • Lailatul Izzah
  • Bambang Supriadi
  • Maryani .

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menggambarkan validitas Modul yang dilengkapi kejaian nyata tentang listrik dinamis siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), menggambarkan hasil belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis setelah menggunakan modul. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 2 Jember. Rancangan penelitian ini adalah pengembangan 4D. Persentase deskriptif digunakan untuk menganalisis validitas modul. Rata-rata modul dari validitas ahli  3.89 yang dikategorikan cukup. Modul ini Cukup valid atau dapat digunakan namun perlu direvisi. Pemanfaatan modul dalam pembelajaran mendapat efek positif dalam hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis. Hasil belajar setelah menggunakan modul dengan nilai gain 0,54 dikategorikan sebagai sedang. Keterampilan berpikir kritis dengan nilai gain 0,56 dikategorikan sebagai sedang. Modul dilengkapi kejadian nyata sesuai sebagai alternatif untuk materi pembelajaran.

Published
2017-12-23
How to Cite
IZZAH, Lailatul; SUPRIADI, Bambang; ., Maryani. PENGEMBANGAN MODUL DILENGKAPI KEJADIAN NYATA PADA KONSEP LISTRIK DINAMIS IPA SMP. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 7, dec. 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6362>. Date accessed: 31 mar. 2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.