PEMBELAJARAN HUKUM NEWTON DENGAN MODEL QUANTUM TEACHING DISERTAI LKS BERBASIS DISCOVERY DI SMA

  • Kamila .
  • Trapsilo Prihandono
  • Rayendra Wahyu Bachtiar

Abstract

Upaya siswa dalam mempelajari fisika sering menemui hambatan-hambatan. Fisika biasanya dianggap sebagai pelajaran yang sulit dipahami. Hal ini di karenakan fisika tidak cukup dengan hanya memahami rumus-rumusnya tapi juga harus memahami konsep yang dikandungnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji keterampiilan proses sains siswa dalam proses pembelajaran dan mengkaji peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dalam pembelajaran hukum newton dengan menggunakan model quantum teaching disertai dengan LKS berbasis discovery. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain one grup pre-test post test desain. Langkah pembelajaran pada quantum teaching terdiri dari tumbuhkan, alamai, namai demontrasikan, ulangi dan rayakan.teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara tes dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan uji statistik uji paired-Samples T Test dan perhitungan presentasi kemunculan dari setiap indikator (KPS). Hasil rat-rata analisis data yang diperoleh dari observasi adalah 74,70%, dan hasil rata-rata nilai pre-test siswa adalah 34,16% sedangkan rata-rata nilai post test adalah 70,04% .Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran hukum newton disertai LKS berbasis discovery  kemampuan keterampilan proses sains  termasuk kategori baik sehingga dapat meningkatkan hasil be)lajar siswa

Published
2017-12-23
How to Cite
., Kamila; PRIHANDONO, Trapsilo; BACHTIAR, Rayendra Wahyu. PEMBELAJARAN HUKUM NEWTON DENGAN MODEL QUANTUM TEACHING DISERTAI LKS BERBASIS DISCOVERY DI SMA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 10, dec. 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6360>. Date accessed: 05 aug. 2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.