IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP RANGKAIAN ARUS SEARAH PADA SISWA MAN 1 JEMBER KELAS XII

  • Rahmawati .
  • Sri Handono Budi Prastowo
  • Trapsilo Prihandono

Abstract

Pemahaman konsep merupakan kemampuan seorang siswa untuk tidak sekedar mengingat, tapi dapat menjelaskan kembali suatu definisi, ciri khusus, hakikat, inti, dan isi dengan menggunakan kata-kata sendiri namun tidak mengubah kadungan makna dari informasi yang diterima. Pemahaman konsep penting dipelajari karena akan digunakan untuk mengaitkan dengan konsep-konsep lainnya. Dalam taksonomi Bloom, pemahaman konsep dikelompokkan dalam tiga indikator yaitu translasi, interpretasi, dan ekstrapolasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa pada materi rangkaian arus searah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Tempat penelitian dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling area. Responden dalam penelitian ini terdiri dari satu kelas dengan jumlah subjek yaitu 30 siswa. Data diperoleh melalui tes tulis dengan bentuk uraian (essay) dengan jumlah soal sebanyak 7 butir soal. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh kesimpulan bahwa; (1) rata-rata pada indikator translasi sebanyak 53,7%, pada indikator interpretasi sebanyak 57,1%, serta pada indikator ekstrapolasi sebanyak 22,7%. (2) pemahaman konsep berdasarkan sub pokok bahasan rata-rata berada dalam predikat kurang sekali yakni 44,5% terutama pada konsep Hukum Ohm sebanyak 39,2% dan rangkaian sederhana sebanyak 40,6%.

Published
2017-12-23
How to Cite
., Rahmawati; PRASTOWO, Sri Handono Budi; PRIHANDONO, Trapsilo. IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP RANGKAIAN ARUS SEARAH PADA SISWA MAN 1 JEMBER KELAS XII. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 5, dec. 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6355>. Date accessed: 11 apr. 2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.