PENERAPAN SIKAP ILMIAH MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TPS DISERTAI METODE PRAKTIKUM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA
Abstract
Penelitian yang telah dilakukan ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap ilmiah siswa selama pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe TPS disertai metode praktikum. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 4 Jember kelas XI MIPA yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel menggunakan metode cluster random sampling yaitu memilih kelas secara random sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan sikap ilmiah siswa selama pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TPS disertai metode praktikum adalah 80,94%. Berdasarkan data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa sikap ilmiah selama pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TPS disertai metode praktikum termasuk dalam kategori baik.