PENERAPAN SIKAP ILMIAH MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TPS DISERTAI METODE PRAKTIKUM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

  • Faridatus Sya'adzah
  • Trapsilo Prihandono
  • Rayendra Wahyu Bachtiar

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap ilmiah siswa selama pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe TPS disertai metode praktikum. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 4 Jember kelas XI MIPA yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel menggunakan metode cluster random sampling yaitu memilih kelas secara random sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan sikap ilmiah siswa selama pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TPS disertai metode praktikum adalah 80,94%. Berdasarkan data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa sikap ilmiah selama pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TPS disertai metode praktikum termasuk dalam kategori baik.

Published
2017-12-23
How to Cite
SYA'ADZAH, Faridatus; PRIHANDONO, Trapsilo; BACHTIAR, Rayendra Wahyu. PENERAPAN SIKAP ILMIAH MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TPS DISERTAI METODE PRAKTIKUM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 5, dec. 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6354>. Date accessed: 05 aug. 2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.