ANALISIS INTENSITAS MEDAN MAGNET EXTREMELY LOW FREQUENCY (ELF) DAN MEDAN LISTRIKDI WARUNG INTERNET (WARNET) GAME ONLINE

  • Qorifa Damarani
  • Sudarti .
  • Alex Harijanto

Abstract

Salah satu hasil dari kemajuan teknologi adalah dihasilkannya komputer dan internet. Untuk dapat dioperasikan, komputer membutuhkan listrik dan dapat menghasilkan medan magnet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai intensitas medan listrik dan medan magnet Extremely Low Frequency (ELF) di warnet. Penelitian dilakukan dengan mengukur nilai intensitas medan listrik dan medan magnet ELF pada komputer menggunakan alat bantu EMR tester. Selanjutnya, dihitung rata-rata nilai tersebut dan dibandingkan dengan nilai batas ambang yang telah ditetapkan WHO. Hasil pengukuran diperoleh bahwa nilai rata-rata intensitas medan magnet tertinggi adalah 4,8 µT dan intensitas medan listrik adalah 501,7 V/m. Nilai tersebut masih berada di bawah syarat standart WHO yakni 100 µT untuk medan magnet dan 1000 V/m untuk medan listrik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa intensitas medan magnet dan intensitas medan listrik pada warnet masih berada dalam batas aman.

Published
2017-12-23
How to Cite
DAMARANI, Qorifa; ., Sudarti; HARIJANTO, Alex. ANALISIS INTENSITAS MEDAN MAGNET EXTREMELY LOW FREQUENCY (ELF) DAN MEDAN LISTRIKDI WARUNG INTERNET (WARNET) GAME ONLINE. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 5, dec. 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6352>. Date accessed: 11 apr. 2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.