PEMBELAJARAN TEORI KINETIK GAS BERBASIS KEARIFAN LOKAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIVITAS LAPANGAN DAN LABORATORIUM (MPALL)

  • Dian Bakhtiar
  • Bambang Supriadi
  • Agus Abdul Gani

Abstract

Teori Kinetik Gas merupakan salah satu materi pembelajaran fisika yang memiliki kompleksitas dalam substansi materi. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan untuk memahami materi-materi yang bersifat abstrak dan mikroskopis. Model Pembelajaran Aktivitas Lapangan dan Laboratorium (MPALL) yang membuat siswa menemukan informasi dari lingkungan dan memferifikasi temuan di dalam kelas adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan pendidik. Kearifan lokal yang berkaitan dengan Teori Kinetik Gas yaitu pengolahan sampah menjadi gas metana yang dilakukan oleh petugas TPA Pakusari. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh pembelajaran Teori Kinetik Gas melalui MPALL terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan desain one group pretest-posttest. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan yaitu Paired Samples T-test dengan berbantu software SPSS 24. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal melalui MPALL berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa pada bahasan Teori Kinetik Gas kelas XI IPA di SMAN Pakusari. (2) Hasil belajar psikomotor siswa selama pembelajaran Teori Kinetik Gas berbasis kearifan lokal melalui MPALL telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Published
2017-12-23
How to Cite
BAKHTIAR, Dian; SUPRIADI, Bambang; GANI, Agus Abdul. PEMBELAJARAN TEORI KINETIK GAS BERBASIS KEARIFAN LOKAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIVITAS LAPANGAN DAN LABORATORIUM (MPALL). FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 5, dec. 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6349>. Date accessed: 05 aug. 2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.