ANALISIS PENGUASAAN KONSEP MEDAN MAGNET DI SEKITAR KAWAT BERARUS PADA SISWA KELAS XII SMA DI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Penguasaan konsep diperlukan pada setiap materi sebelum mengarah pada materi selanjutnya, maka diperlukan konsep-konsep pembelajaran yang tersusun secara sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan konsep medan magnet di sekitar kawat berarus; dan mendeskripsikan minat belajar siswa terhadap penguasaan konsep medan magnet di sekitar kawat berarus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan purporsive sampling area yang diambil satu kelas pada kelas XII SMA semester ganjil pada tahun ajaran 2017/2018. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, dan metode angket. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: (1) penguasaan konsep berdasarkan materi medan magnet di sekitar kawat berarus 56,67% siswa yang dapat menguasai konsep fisika medan magnet di sekitar kawat berarus, 43,33% siswa kurang menguasai konsep fisika medan magnet di sekitar kawat berarus, dan tidak ditemukan siswa yang tidak menguasai konsep fisika medan magnet di sekitar kawat berarus;Â penguasaan konsep berdasarkan indikator penguasaan konsep mengingat (C1), memahami (C2),mengaplikasikan (C3), dan menaganalisis (C4) lebih unggul daripada indikator penguasaan konsep mengevaluasi (C5), dan membuat (C6) yang dapat dikatakan masih dalam kategori rendah atau siswa tidak menguasai konsep pada indikator tersebut ; (2) minat belajar siswa mempengaruhi penguasaan konsep medan magnet di sekitar kawat berarus.