PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL DISERTAI MULTIREPRESENTASI PADA POKOK BAHASAN KALOR DAN PERPINDAHANNYA DI SMP

  • Albertus Djoko Lesmono
  • Devi Eka Farah Azizah
  • Subiki .

Abstract

Penelitian ini adalah sebuah penelitian pengembangan. Hasil penelitian ini berupa modul pembelajaran berbasis kontekstual disertai multirepresentasi pada pokok bahasan kalor dan perpindahannya di SMP. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi, soal kemampuan multirepresentasi, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil gabungan dari validasi ahli dan validasi pengguna, modul pembelajaran berbasis kontekstual disertai multirepresentasi ini mendapat skor 84,72% yang masuk dalam kategori cukup valid. Hasil analisis pre-test dan post-test untuk mengukur kemampuan multirepresentasi verbal, matematik, grafik, dan gambar menunjukkan bahwa rata-rata skor N-gain yaitu 0,735. Nilai tersebut berada pada rentang (g ≥ 0,7), sehingga nilai yang didapat berkategori tinggi. Penggunaan modul pembelajaran berbasis kontekstual disertai multirepresentasi mendapatkan skor rata-rata respon sebesar 38,04 yang dikategorikan sebagai respon positif.

Published
2017-12-23
How to Cite
LESMONO, Albertus Djoko; AZIZAH, Devi Eka Farah; ., Subiki. PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL DISERTAI MULTIREPRESENTASI PADA POKOK BAHASAN KALOR DAN PERPINDAHANNYA DI SMP. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 6, dec. 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6346>. Date accessed: 02 may 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.