PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL DISERTAI MULTIREPRESENTASI PADA POKOK BAHASAN KALOR DAN PERPINDAHANNYA DI SMP
Abstract
Penelitian ini adalah sebuah penelitian pengembangan. Hasil penelitian ini berupa modul pembelajaran berbasis kontekstual disertai multirepresentasi pada pokok bahasan kalor dan perpindahannya di SMP. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi, soal kemampuan multirepresentasi, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil gabungan dari validasi ahli dan validasi pengguna, modul pembelajaran berbasis kontekstual disertai multirepresentasi ini mendapat skor 84,72% yang masuk dalam kategori cukup valid. Hasil analisis pre-test dan post-test untuk mengukur kemampuan multirepresentasi verbal, matematik, grafik, dan gambar menunjukkan bahwa rata-rata skor N-gain yaitu 0,735. Nilai tersebut berada pada rentang (g ≥ 0,7), sehingga nilai yang didapat berkategori tinggi. Penggunaan modul pembelajaran berbasis kontekstual disertai multirepresentasi mendapatkan skor rata-rata respon sebesar 38,04 yang dikategorikan sebagai respon positif.