APLIKASI MULTISENSOR SLM DISERTAI SISTEM DATA LOGGER BERBASIS ARDUINO UNO SEBAGAI ALAT UKUR KEBISINGAN

  • Azen Ramadan
  • Alex Harijanto
  • Sri Handono Budi Prastowo

Abstract

Kebisingan dapat terjadi diwilayah perkotaan padat penduduk. Sebagai contoh misalnya di SMP Negeri 2 Jember yang letaknya di wilayah perkotaan dimana kebisingan sering menggangu proses belajar mengajar di sekolah. Sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mengkaji tingkat kebisingan rata-rata di SMP Negeri 2 Jember pada pagi, siang dan malam hari. Pemerintah menetapkan tingkat intensitas bunyi di tempat pendidikan non-kebisingan adalah 45-55 dB. Metode pengukuran tingkat intensitas suara di tempat pendidikan pagi, siang dan malam dibutuhkan alat untuk merekam data pada pagi, siang dan malam hari. Arduino adalah kombinasi antara perangkat keras dan perangkat lunak dengan persyaratan sumber daya rendah, yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan objek (jumlah fisik) di sekitarnya. Modul sensor suara mikrofon Keyes-037 adalah detektor suara dengan sensitivitas tinggi. SKU-316412 adalah sistem pencatatan data yang dilengkapi dengan kartu SD yang mampu menyimpan data 32 MB sampai 8 GB. Arduino dan kedua modul tersebut dapat dirakit menjadi alat ukur dan intensitas perekaman suara untuk ditempatkan di SMP Negeri 2 Jember.

Published
2017-12-23
How to Cite
RAMADAN, Azen; HARIJANTO, Alex; PRASTOWO, Sri Handono Budi. APLIKASI MULTISENSOR SLM DISERTAI SISTEM DATA LOGGER BERBASIS ARDUINO UNO SEBAGAI ALAT UKUR KEBISINGAN. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 6, dec. 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6343>. Date accessed: 07 july 2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.