PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBANTUAN WEBPAGE BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA POKOK BAHASAN GETARAN HARMONIK SEDERHANA DI SMA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan validitas logis dari produk LKS berbantuan webpage berbasis discovery learning pokok bahasan getaran harmonik sederhana, (2) mendeskripsikan kinerja pratikum virtual siswa dengan menggunakan produk LKS berbantuan webpage berbasis discovery learning pokok bahasan getaran harmonik sederhana, (3) mendeskripsikan motivasi belajar siswa setelah menggunakan produk LKS berbantuan webpage berbasis discovery learning pokok bahasan getaran harmonik sederhana. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Tempat pelaksanaan penelitian di SMAN Pakusari. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, laporan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah intrumen validasi, lembar penilaian kinerja pratikum virtual siswa, dan presentase motivasi belajar siswa. Hasil penelitian adalah: (1) validitas produk LKS berbantuan webpage berbasis discovery learning oleh validator adalah 86.5% dan sangat valid, (2) presentase kinerja pratikum virtual siswa adalah 59% dengan kategori baik, (3) presentase motivasi belajar siswa setelah pembelajaran adalah 75,30% kategori termotivasi. Kesimpulan dari penelitian pengembangan adalah validitas produk sangat valid, kinerja pratikum virtual siswa baik, dan motivasi belajar siswa berkategori termotivasi