Rancang Bangun Kapasitansi Meter Berbasis Arduino Board Menggunakan Rangkaian RC, Komparator dan Monostable

  • Afad Mirza Zulfy
  • Alex Harijanto
  • Rayendra Wahyu Bachtiar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah alat ukur bernama kapasitansi meter yang dibuat ulang dengan mikrokontroler berjenis arduino board. Penelitian terkait rancang bangun kapasitansi meter berbasis arduino board ini merupakan penelitian eksperimen, dimana peneliti menggunakan tiga desain untuk membandingkan tingkat ketelitian dari masing-masing kapasitansi meter tersebut. Ketiga desain tersebut selanjutnya diuji tingkat ketelitiannya dengan membandingkan hasil pengukuran kapasitansi meter berbasis arduino board dengan hasil pengukuran kapasitansi standar, yang kemudian diuji dengan menggunakan uji linieritas regresi menggunakan aplikasi SPSS 22. Sampel dari penelitian ini adalah beberapa kapasitor yang memiliki jenis dan nilai yang berbeda dengan rentang mulai dari 4 nano farad hingga 4700 mikro farad. Berdasarkan hasil penelitian, desain I yang menggunakan rangkaian RC sederhana memiliki rentang pengukuran nilai antara 0,0033 µF hingga 100 µF dengan ketelitian pengukuran sebesar 97,50 %, pada desain II yang menggunakan rangkaian komparator dengan IC Op-Amp LM741 sebagai kontrolnya memiliki rentang pengukuran dari 15 pF hingga 2200 µF  dengan ketelitian pengukuran sebesar 95,33% dan desain III dengan rangkaian monostable menggunakan IC Timer 555 memilki rentang pengukuran dari 1 nF hingga ratusan mikro farad dengan tingkat ketelitian pengukuran sebesar 94,5%. Diharapkan dari penelitian ini, alat ukur yang dihasilkan bisa dimanfaatkan untuk penelitian selanjutnya dalam bidang pendidikan khususnya pada mata pelajaran listrik dinamis pada tingkat SMA.

Published
2017-12-19
How to Cite
ZULFY, Afad Mirza; HARIJANTO, Alex; BACHTIAR, Rayendra Wahyu. Rancang Bangun Kapasitansi Meter Berbasis Arduino Board Menggunakan Rangkaian RC, Komparator dan Monostable. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 9, dec. 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6285>. Date accessed: 11 apr. 2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.