PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI UNTUK SISWA MA

  • Albertus Djoko Lesmono
  • Yenita Endriska
  • Rayendra Wahyu Bachtiar

Abstract

Telah dilakukan penelitian dan pengembangan modul fisika materi usaha dan energi kelas XI MA. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul yang valid, praktis, dan dapat melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2017/2018. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA-1 dan XI IPA-2 MA Al-Qodiri Jember. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D yang meliputi Define, Design, Develop, dan Disseminate. Teknik pengumpulan data digunakan validasi, tes, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas logic modul adalah 4,146 dengan kategori valid. Untuk uji kepraktisan modul ditinjau dari pengisian angket yang dilakukan oleh siswa kelas XI IPA-1 dengan rerata nilai 75% positif dan 25% negatif, XI-IPA 2 dengan rerata nilai 71% positif dan 29% negatif. Kemampuan berpikir kritis diukur dari skor pre test dan post test. Pada kelas XI IPA-1 dan XI IPA-2 n-gain rata-rata menunjukkan kriteria sedang yaitu 0,46 dan 0,467. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa modul berbasis scientific approach pada pokok bahasan usaha dan energi ini sudah valid, praktis, dan dapat melatih kemampuan berpikir siswa, serta layak digunakan sebagai modul dalam pembelajaran fisika pada materi usaha dan energi.

Published
2017-12-16
How to Cite
LESMONO, Albertus Djoko; ENDRISKA, Yenita; BACHTIAR, Rayendra Wahyu. PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI UNTUK SISWA MA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 6, dec. 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6251>. Date accessed: 07 july 2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.