ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SPEKTRUM CAHAYA PADA SISWA SMA KELAS XII

  • Sri Handono Budi Prastowo
  • Yeri Suhartin
  • Trapsilo Prihandono

Abstract

Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang bertujuan untuk mengantarkan siswa menguasai konsep-konsep fisika dan keterkaitannya dengan pemecahan suatu permasalahan yang terkait dalam kehidupan sehari-hari. Banyak persepsi siswa terhadap mata pelajaran fisika sebagai mata pelajaran yang sulit untuk dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep siswa SMA kelas XII pada materi spektrum cahaya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada, yaitu keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 3 di SMA Negeri 2 Jember sebanyak 34 siswa. Tingkat pemahaman konsep siswa yang terbagi menjadi tiga indikator menurut W.Gulo yaitu translasi, interpretasi dan ekstrapolasi. Berdasarkan hasilĀ  analisis pemahaman konsep siswa melalui intrumen tes berupa 12 butir soal essai didapatkan bahwa tingkat pemahaman konsep siswa pada materi spektrum cahaya tergolong baik termasuk dalam kategori paham dengan persentase rata-rata 77.17 %. Persentase untuk tiap indikatornya antara lain indikator translasi didapatkan persentase 72.47% termasuk dalam kategori sangat paham, indikator interpretasi didapatkan persentase 78.44% termasuk dalam kategori cukup paham, sedangkan indikator ekstrapolasi pada materi spektrum cahaya didapatkan persentase sebesar 80.73% termasuk dalam kriteria cukup paham.

Published
2017-12-15
How to Cite
PRASTOWO, Sri Handono Budi; SUHARTIN, Yeri; PRIHANDONO, Trapsilo. ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SPEKTRUM CAHAYA PADA SISWA SMA KELAS XII. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 6, dec. 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6246>. Date accessed: 07 july 2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.