KAJIAN GERAK MELINGKAR PADA SEPEDA SEBAGAI RANCANGAN BAHAN AJAR FISIKA SMA

  • Bambang Supriadi
  • Sofwatul Faizah
  • Rayendra Wahyu Bachtiar

Abstract

Gerak melingkar merupakan salah satu materi dalam fisika yang di ajarkan di tingkat SMA. Salah satu contoh gerak melingkar yang ada di sekitar siswa adalah gerak pada sepeda. Bahan ajar merupakan salah satu bahan yang dapat membantu siswa dalam belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji gerak melingkar yang ada dalam peristiwa gerak sepeda dengan menggunakan variasi sprocket. Penelitian ini menggunakan 7 sprocket dan kecepatan pedal yang sama untuk setiap variasi sprocket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin kecil sprocket maka semakin besar nilai kecepatan sepeda, sedangkan semakin besar sprocket maka semakin kecil nilai kecepatan sepeda. Data hasil penelitian tersebut dapat digunakan sebagai acuan dalam merancang bahan ajar fisika kontekstual untuk siswa SMA

Published
2017-12-15
How to Cite
SUPRIADI, Bambang; FAIZAH, Sofwatul; BACHTIAR, Rayendra Wahyu. KAJIAN GERAK MELINGKAR PADA SEPEDA SEBAGAI RANCANGAN BAHAN AJAR FISIKA SMA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 5, dec. 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6244>. Date accessed: 31 mar. 2020.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.