IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM RANGKA MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN DI SD ISLAM INTERNASIONAL AL-ABIDIN SURAKARTA
Abstract
Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) adalah sebuah sistem yang terintegrasi dari negara-negara di Asia Tenggara yang memungkinkan dan memfasilitasi sistem perdagangan bebas. Sejak tahun 2015 MEA telah resmi dimulai, dan banyak perusahaan asing telah dibuka di Indonesia. Namun, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia masih kurang untuk menghadapi sistem MEA ini. Hal ini dapat dilihat dari tingginya tingkat pengangguran di Indonesia dan tingkat pendidikan warganegara Indonesia yang masih tergolong rendah. Hal ini menunjukkan kurangnya kualitas pendidikan. Berangkat dari masalah ini, penulis melakukan penelitian di sekolah dasar berbasis internasional, SD Islam Internasional Al Abidin Surakarta. Sekolah ini memiliki banyak program yang dapat dikembangkan dan direplikasi dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari program sekolah ramah anak yang dijalankan untuk menghadapi MEA. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sekolah ramah anak di SDII Al-Abidin sudah sangat baik. Tak hanya itu, sekolah ini juga memiliki beberapa program yang dapat digunakan sebagai senjata untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.
Kata Kunci : Masyarakat Ekonomi ASEAN dan Program Sekolah Ramah Anak