IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM RANGKA MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN DI SD ISLAM INTERNASIONAL AL-ABIDIN SURAKARTA

  • Tsabita Fiki Amalia Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Ika Candra Sayekti Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) adalah sebuah sistem yang terintegrasi dari negara-negara di Asia Tenggara yang memungkinkan dan memfasilitasi sistem perdagangan bebas. Sejak tahun 2015 MEA telah resmi dimulai, dan banyak perusahaan asing telah dibuka di Indonesia. Namun, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia masih kurang untuk menghadapi sistem MEA ini. Hal ini dapat dilihat dari tingginya tingkat pengangguran di Indonesia dan tingkat pendidikan warganegara Indonesia yang masih tergolong rendah. Hal ini menunjukkan kurangnya kualitas pendidikan. Berangkat dari masalah ini, penulis melakukan penelitian di sekolah dasar berbasis internasional, SD Islam Internasional Al Abidin Surakarta. Sekolah ini memiliki banyak program yang dapat dikembangkan dan direplikasi dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari program sekolah ramah anak yang dijalankan untuk menghadapi MEA. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sekolah ramah anak di SDII Al-Abidin sudah sangat baik. Tak hanya itu, sekolah ini juga memiliki beberapa program yang dapat digunakan sebagai senjata untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.


Kata Kunci : Masyarakat Ekonomi ASEAN dan Program Sekolah Ramah Anak

Published
2016-12-19
How to Cite
AMALIA, Tsabita Fiki; SAYEKTI, Ika Candra. IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM RANGKA MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN DI SD ISLAM INTERNASIONAL AL-ABIDIN SURAKARTA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 124-133, dec. 2016. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/5856>. Date accessed: 20 june 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.