PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA BERBASIS POTENSI LOKAL

  • Rudi Danang Widodo Universitas Sebelas Maret
  • Mega Meilina Priyanti Universitas Sebelas Maret
  • Moh Salimi Universitas Sebelas Maret

Abstract

IPA merupakan mata pelajaran yang berkaitan dengan alam, sehingga banyak melibatkan lingkungan sekitar siswa dalam pembelajarannya. Agar pengetahuan dapat dibangun oleh siswa, guru biasa menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS). LKS biasanya berisi petunjuk dan langkah-langkah untuk menyelesaikan tugas, baik yang bersifat perorangan maupun kelompok. Saat ini, pembelajaran IPA hanya mengenal lingkungan, tanpa ditindaklanjuti dengan memperhatikan potensi lokal yang ada di daerahnya. Oleh karena itu, kami tertarik untuk melakukan penelitian tentang LKS yang berbasis potensi lokal agar pengetahuan dibangun oleh siswa dan potensi lokal dapat dikenal oleh siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode design-based research melalui langkahlangkah sebagai berikut: (1) analisis masalah praktik melalui kolaborasi peneliti dan praktisi; (2) pengembangan solusi sesuai dengan masalah; (3) pengujian dan penyempurnaan solusi dalam praktik; (4) refleksi solusi yang dihasilkan. Hasil penelitian ini bahwa pengembangan LKS IPA berbasis potensi lokal dapat dilakukan dengan melalui langkah-langkah sebagai berikut: (1) menetapkan standar kompetensi; (2) menetapkan kompetensi dasar; (3) menganalisis potensi lokal berdasarkan SK, KD dan materi yang sesuai; (4) menyusun tujuan yang akan dicapai; (5) menyusun petunjuk kerja; (6) mendata alat dan bahan (bila diperlukan); (7) menyusun langkah kerja (menghubungkan objek dengan potensi lokal); (8) menyediakan ruang bagi siswa untuk membuat kesimpulan; (9) menyusun keterampilan proses yang dikembangkan.


Kata kunci : Lembar Kerja Siswa (LKS), Potensi Lokal, IPA

Published
2016-12-19
How to Cite
WIDODO, Rudi Danang; PRIYANTI, Mega Meilina; SALIMI, Moh. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA BERBASIS POTENSI LOKAL. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 111-118, dec. 2016. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/5854>. Date accessed: 20 june 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.