PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN DUDUKLOR KECAMATAN GLAGAH KABUPATEN LAMONGAN
Abstract
Pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal menuntut peserta didik untuk belajar dari kebudayaan, nilai dan norma yang ada di masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal pada mata pelajaran IPS di SDN Duduklor Glagah Lamongan dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, objek penelitian yaitu kepala sekolah dan guru kelas I sampai dengan kelas VI di SDN Duduklor. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian, yaitu: (1) strategi pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal cocok diterapkan dalam KTSP sebagaimana amanah kurikulum tersebut, (2) penerapan strategi pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal memerlukan beberapa perangkat pendukung seperti adanya sekolah yang memadai, guru yang berkompeten, siswa yang berkompeten, masyarakat yang mendukung, sumber daya alam yang dapat dikembangkan, dan sarana maupun prasarana yang baik, (3) penerapan pembelajaran menggunakan strategi kontekstual berbasis kearifan lokal di SDN Duduklor pada mata pelajaran IPS cukup baik.
Kata Kunci: Strategi Kontekstual, Kearifan Lokal, IPS SD