PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN DUDUKLOR KECAMATAN GLAGAH KABUPATEN LAMONGAN

  • Rista Apriliya Devi Universitas Negeri Surabaya
  • Ririn Hidayati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal menuntut peserta didik untuk belajar dari kebudayaan, nilai dan norma yang ada di masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal pada mata pelajaran IPS di SDN Duduklor Glagah Lamongan dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, objek penelitian yaitu kepala sekolah dan guru kelas I sampai dengan kelas VI di SDN Duduklor. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian, yaitu: (1) strategi pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal cocok diterapkan dalam KTSP sebagaimana amanah kurikulum tersebut, (2) penerapan strategi pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal memerlukan beberapa perangkat pendukung seperti adanya sekolah yang memadai, guru yang berkompeten, siswa yang berkompeten, masyarakat yang mendukung, sumber daya alam yang dapat dikembangkan, dan sarana maupun prasarana yang baik, (3) penerapan pembelajaran menggunakan strategi kontekstual berbasis kearifan lokal di SDN Duduklor pada mata pelajaran IPS cukup baik.


Kata Kunci: Strategi Kontekstual, Kearifan Lokal, IPS SD

Published
2016-12-19
How to Cite
DEVI, Rista Apriliya; HIDAYATI, Ririn. PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN DUDUKLOR KECAMATAN GLAGAH KABUPATEN LAMONGAN. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 106-111, dec. 2016. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/5853>. Date accessed: 20 june 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.