PENGGUNAAN KAJIAN “OJHUNG PADA RANGKAIAN UPACARA ADAT GHADISA DI DESA BLIMBING KECAMATAN KLABANG KABUPATEN BONDOWOSO” PADA MATERI TEMA BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA KELAS V

  • Ria Supiani FKIP - Universitas Jember

Abstract

Ojhung merupakan serangkaian ritual pada upacara adat Ghadisa atau bersih desa. Ojhung adalah pertarungan dua orang menggunakan senjata rotan yang saling memukul dan mengeluarkan darah. Asal mula ritual Ojhung berasal dari dua tokoh Juk Seng dan Jasiman. Mereka adalah para pemimpin Desa Blimbing yang dengan bangga melakukan sebuah pengorbanan ketika mendapatkan ilham dari sang Maha Kuasa untuk para rakyatnya. Ojhung sering kali dianggap sebagai sebuah ritual yang mengajarkan kekerasan pada anak. Penggunaan materi kajian Ojhung pada rangkaian upacara adat GhadisaTema Bangga Sebagai Bangsa Indonesia Kelas V berfungsi untuk menghilangkan anggapan masyarakat terlebih siswa Sekolah Dasar. Selain itu kesesuaian materi mengenai upacara adat khas daerah sangat tepat jika digunakan.


Kata Kunci:Ritual Ojhung, Ghadisa

Published
2016-12-19
How to Cite
SUPIANI, Ria. PENGGUNAAN KAJIAN “OJHUNG PADA RANGKAIAN UPACARA ADAT GHADISA DI DESA BLIMBING KECAMATAN KLABANG KABUPATEN BONDOWOSO” PADA MATERI TEMA BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA KELAS V. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 101-105, dec. 2016. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/5852>. Date accessed: 20 june 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.