NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM TARI HADRAH KUNTULAN BANYUWANGI

  • Mira Ariyani Safitri FKIP - Universitas Jember
  • Fajar Surya Hutama FKIP - Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang ragam gerak dan nilai-nilai yang terkandung dalam Tari Hadrah Kuntulan Banyuwangi. Tari adalah gerakan anggota tubuh yang selaras dengan bunyi musik dari musik gamelan atau instrumen musik lainnya yang di ungkapkan sang pencipta tarian sebagai simbol untuk mengunggakapkan maksud dan tujuan tertentu. Suatu tarian tentunya memiliki gerakan yang terstruktur guna menyimbolkan maksud dari sang pencipta tarian. Selain itu, dalam suatu tarian juga mengandung nilai-nilai yang akan disampaikan. Tari Hadrah Kuntulan merupakan suatu tarian yang mengandung nilai-nilai di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan ragam gerak dan nilai-nilai yang terkandung dalam Tari Hadrah Kuntulan Banyuwangi. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah tari kuntulan banyuwuangi terdiri dari IV ragam gerak, didalam tarian tersebut mengandung nilai-nilai antara lain nilai religius, disiplin, kreatif, kerja keras, mandiri, tanggung jawab, toleransi, dan cinta tanah air. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Tari Hadrah Banyuwangi memiliki IV ragam gerak dan terdapat nilai-nilai yang terkandung dalam Tari Hadrah Kuntulan Banyuwangi.


Kata kunci: gerak, nilai, Tari Hadrah Kuntulan

Published
2016-12-19
How to Cite
SAFITRI, Mira Ariyani; HUTAMA, Fajar Surya. NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM TARI HADRAH KUNTULAN BANYUWANGI. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 81-85, dec. 2016. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/5849>. Date accessed: 20 june 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.