STUDI TENTANG KESEHATAN PRIBADI PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 117 KOTO DATUK KABUPATEN KERINCI

  • Helvi Darsi STKIP-PGRI Lubuklinggau

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang terlaksananya pelaksanaan kesehatan pribadi pada Sekolah Dasar Negeri 117 Koto Datuk Kabupaten Kerinci. Belum terlaksana dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. Banyak sekali faktor yang diduga sebagai penyebab permasalahan di atas, antara lain kurangnya perhatian terhadap kesehatan gigi dan kulit siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kesehatan pribadi yang meliputi kesehatan gigi dan kesehatan kulit siswa pada Sekolah Dasar Negeri 117 Koto Datuk Kabupaten Kerinci melaksanakan studi tentang kesehatan pribadi yang terdiri dari kesehatan gigi dan kesehatan kulit yang sesuai dengan standar kesehatan. Jenis penelitian adalah deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri 117 Koto Datuk Kabupaten Kerinci, sedangkan yang dijadikan sampel adalah siswa kelas IV dan kelas V berjumlah 44 orang. Data yang terkumpul dianslisis dengan menggunakan teknik prosentasi atau teknik analisis statistik deskriptif. Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa pelaksanaan kesehatan gigi pada Sekolah Dasar Negeri 117 Koto Datuk Kabupaten Kerinci, dari 44 responden sebanyak 49.51 % (305 skor jawaban "ya") dan yang menjawab "tidak" sebanyak 50.48 %, dengan demikian tergolong Cukup. Sedangkan mengenai pelaksanaan kesehatan kulit sebanyak 45.12 % (278 skor jawaban "ya") dan yang menjawab "tidak”sebanyak 54.87 %, dengan demikian pelaksanaan kesehatan kulit di Sekolah Dasar Negeri 117 Koto Datuk Kabupaten Kerinci tergolong Cukup.


Kata Kunci : Kesehatan Pribadi

Published
2016-12-19
How to Cite
DARSI, Helvi. STUDI TENTANG KESEHATAN PRIBADI PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 117 KOTO DATUK KABUPATEN KERINCI. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 51-56, dec. 2016. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/5843>. Date accessed: 20 june 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.