IMPLEMENTASI REWARD DAN PUNISHMENT UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR AGAMA DAN PERUBAHAN PERILAKU SISWADI SD MUHAMMADIYAH 3 KOTA CIREBON

  • Halim Purnomo Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstract

Reward dan punishment adalah dua jenis metode yang bisa digunakan dalam praktik pendidikan baik dalam lingkup keluarga maupun sekolah. Penggunaan kedua metode tersebut harus dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip yang terdapat dalam ajaran Islam. Penggunaan reward lebih efektif dibanding punishment, karena itu punishment boleh digunakan ketika alternatif lain sudah tidak mampu memecahkan persoalan yang dihadapi anak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh pola dan model reward dan punishment yang tepat sesuai dengan kondisi yang ada di SD 3 Muhammadiyah Kota Cirebon, serta penelitian ini ingin membuktikan bahwa penerapan reward dan punishment yang tepat dapat meningkatkan motivasi belajar dan perubahan perilaku siswa di SD Muhammadiyah 3 Kota Cirebon. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif experimental. Metode yang digunakan terlebih dahulu dilaksanakan observasi secara mendalam untuk menghimpun datadata. Selanjutnya dilakukan wawancara langsung dengan siswa, guru kelas dan kepala sekolah serta studi dokumentasi. Setelah tahapan-tahapan metode tersebut selesai dilaksanakan, maka disusun dan dinarasikan dalam bentuk laporan penelitian. Reward yang diterapkan sesuai dengan konteks siswa SD Muhammadiyah 3 Kota Cirebon antara lain pemberian pemberian hadiah yang biasanya dilaksanakan pada saat seluruh pengelola sekolah dan siswa berkumpul. Seperti pada pelaksanaan upacara bendera, acara class meeting dan acara pertemuan dengan wali siswa sebagai wujud apresiasi yang diberikan oleh segenap kepala sekolah dan guru-guru SD Muhammadiyah 3 Kota Cirebon atas nama lembaga kepada siswa yang berprestasi baik dalam bidang akademik keagamaan seperti Pendidikan Agama Islam dan Al-Islam Kemuhammadiyahan juga pada kegiatan-kegiatan yang sifatnya ekstrakurikuler seperti tahsin al-Qur’an dan tahfidz juz’amma serta acara kompetisi kegiatan keagamaan (CCQ, MTQ dan lain-lain. Demikian juga dengan diterapkannya punishment sebagai upaya lembaga untuk memberikan rasa jera kepada siswa khusunya dari perilaku kurang baik yang mereka lakukan. Penerapan punishment yang sering kali diterapkan antara lain menghafal surat-surat pendek dengan waktu yang terbatas, membersihkan ruang kelas dan membacakan teks UUD 1945 di halaman sekolah. Penerapan model Reward dan Punishment ini sangat bermanfaat pada peningkatan dan penyadaran siswa, terbukti dengan semakin1 meningkat prestasi akademik keagamaan dan semakin patuhnya siswa pada peraturan-peraturan sekolah.


Kata Kunci : Reward, Punishmemnt, Prestasi Akademik Keagamaan, Perubahan perilaku.

Published
2016-12-19
How to Cite
PURNOMO, Halim. IMPLEMENTASI REWARD DAN PUNISHMENT UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR AGAMA DAN PERUBAHAN PERILAKU SISWADI SD MUHAMMADIYAH 3 KOTA CIREBON. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 46-51, dec. 2016. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/5842>. Date accessed: 20 june 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.