VIDEO SEBAGAI SUPLEMEN MEDIA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Abstract
Kurikulum 2013 menuntut guru kreatif dalam menyediakan media tambahan selain media dalam buku guru dan siswa, seperti video. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas IVA dan IVB SDN Jember Kidul 04. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil analisis data diperoleh t-hitung = 4,842 dengan keefektifan relatif 41,19% dan t-test > t-tabel (4,842 > 1,991). Kesimpulan penelitian ada pengaruh media video terhadap hasil belajar siswa sehingga media video dapat dijadikan suplemen media dalam kurikulum 2013.
Kata Kunci: media video, hasil belajar, kurikulum 2013
Published
2016-12-19
How to Cite
UTAMI, Firdaus Dyah; NURIMAN, Nuriman; AGUSTININGSIH, Agustiningsih.
VIDEO SEBAGAI SUPLEMEN MEDIA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013.
FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 40-45, dec. 2016.
ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/5831>. Date accessed: 15 nov. 2024.