SINERGI PEMBELAJARAN SAINS TERINTEGRASI EDP SEBAGAI MANIFESTASI PENGEMBANGAN KOMPETENSI SISWA ERA KURIKULUM MERDEKA: STUDI LITERATUR
Abstract
ABSTRAK
Generasi muda bangsa Indonesia penting untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan pendidikan dan pembelajaran abad 21, maka dibutuhkan pembelajaran yang mengasah keterampilan abad ke-21. Salah satunya dengan menerapkan pembelajaran sains terintegrasi Engineering Design Process (EDP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran sains terintegrasi EDP mampu meningkatkan kompetensi abad ke-21 pada era Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi literatur dengan mengumpulkan artikel-artikel pada Google Scholar yang berkaitan dengan topik “pembelajaran sains terintegrasi EDP”. Berdasarkan hasil studi literatur didapatkan keefektifan dari penerapan pembelajaran sains terintegrasi EDP di era Kurikulum Merdeka. Pembelajaran sains melalui pendekatan EDP dapat diaplikasikan dalam beberapa model pembelajaran tentu membantu guru mencapai tujuan pembelajaran. Oleh sebab itu, peneliti menyimpulkan bahwa sinergi pembelajaran sains yang terintegrasi EDP di Kurikulum Merdeka membentuk siswa menjadi seorang insinyur yang merancang dan menghasilkan solusi dari permasalahan dengan konsep sains. Penerapan EDP dalam pembelajaran sains mampu meningkatkan keterampilan abad ke-21 dibuktikan dengan analisis 30 artikel yang menunjukkan peningkatan hasil kompetensi kognitif 4C siswa.
Kata Kunci: sains, EDP, kompetensi, kurikulum merdeka