PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA

  • lailatul nuraini

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh berbagai model pembelajaran terhadap keterampilan komunikasi ilmiah siswa dalam kegiatan pembelajarn disekolah melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Pembelajaran di indonesia memberikan kebebasan kepada pendidik untuk memilih model pembelajaran yang sesuai guna mengembangkan keterampilan abad 21, termasuk keterampilan komunikasi ilmiah. SLR dilakukan dengan mengumpulkan, mengevaluasi, dan menganalisis studi yang relevan dari berbagai literatur ilmiah. Artikel yang digunakan membahas model pembelajaran seperti Project-Based Learning (PBL), Problem-Based Learning (PBL), dan Inquiry-Based Learning (IBL) yang telah diuji dalam pengembangan keterampilan komunikasi ilmiah. Analisis ini mencakup 30 studi yang memenuhi kriteria inklusi, dan hasilnya menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berbasis proyek, dan berbasis inkuiri memiliki dampak signifikan dalam meningkatkan keterampilan komunikasi ilmiah siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran yang menekankan partisipasi aktif siswa dan pemecahan masalah nyata lebih efektif dalam memfasilitasi perkembangan komunikasi ilmiah siswa.


Kata Kunci: Model Pembelajaran, Keterampilan, Komunikasi Ilmiah

Published
2024-12-27
How to Cite
NURAINI, lailatul. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 9, n. 1, dec. 2024. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/53613>. Date accessed: 25 jan. 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.