SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW : IDENTIFIKASI MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH (SCIENTIFIC REASONING) SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA
Abstract
ABSTRAK
Kemampuan penalaran ilmiah (Scientific Reasoning) adalah kemampuan siswa dalam menyimpulkan berdasarkan bukti – bukti yang ada. Penalaran ilmiah merupakan suatu proses berfikir yang logis dan sistematis atas fakta – fakta empiris yang dapat diobservasi untuk memperoleh kesimpulan berupa pengetahuan. Pembelajaran fisika adalah cabang pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam atau Sains, yang pokok pembahasannya mengenai gejala – gejala alam dan hasil kegiatan manusia yang berupa gagasan, pengetahuan, dan konsep melalui proses ilmiah. Pada keterampilan abad 21 siswa diharapkan aktif dalam pembelajaran dan melatih siswa melalui kemampuan berfikir secara ilmiah untuk melakukan suatu proyek yang dirancang. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review (SLR). Data yang digunakan berupa teori – teori tentang kajian macam-macam model pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan scientific reasoning (penalaran ilmiah) siswa SMA dalam pembelajaran fisika. Hal ini megungkapkan bahwa menciptakan ruang pembelajaran yang menarik dapat secara aktif melatih siswa terhadap kemampuan berargumen secara ilmiah dalam pembelajaran fisika.
Kata kunci : Model Pembelajaran. Kemampuan Penalaran Ilmiah, Pembelajaran Fisika SMA
ABSTRACT
Scientific reasoning ability is the ability of students to conclude based on existing evidence. Scientific reasoning is a logical and systematic thinking process on empirical facts that can be observed to obtain conclusions in the form of knowledge. Physics learning is a branch of Natural Science learning or Science, whose main discussion is about natural symptoms and the results of human activities in the form of ideas, knowledge, and concepts through the scientific process. In 21st century skills, students are expected to be active in learning and train students through the ability to think scientifically to carry out a designed project. This research uses the systematic literature review (SLR) method. The data used are theories about the study of various learning models to improve the scientific reasoning ability of high school students in physics learning. It is revealed that creating an interesting learning space can actively train students towards the ability to argue scientifically in physics learning.
Key words : Learning model, Scientific Reasoning ability, Senior High School of physic learning.