KAJIAN SISTEMATIS KEMAMPUAN BERPIKIR ENGINEERING DALAM PEMBELAJARAN SAINS
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan menjadi bagian penting untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa. pada abad 21 terdapat keterampilan yang perlu dimiliki oleh siswa yang dikenal dengan 4C, yakni kemampuan berpikir kritis (Critical thinking), Komunikasi (Comunication), Kolaborasi (Colaboration), dan berpikir kreatif (Creative thinking). Salah satu kemampuan berpikir siswa yang perlu dikuasai yakni kemampuan berpikir engineering. Kemampuan berpikir engineering merupakan kemapuan dimana siswa dapat menyelesaikan permasalahan dengan menciptakan ataupun mendesain sebuah solusi. Salah satu penerapannya dapat dilakukan pada pembelajaran sains. Pembelajaran sains merupakan pembelajaran yang kompleks dan susah untuk dipahami jika hanya melalui tulisan. Sehingga dengan kemampuan berpikir engineering siswa dapat lebih memiliki gambaran dalam memberikan solusi untuk menjawab permasalahan yang ada. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis bagaimana kemampuan berpikir engineering dapat diimpelementasikan dalam pembelajaran sains. Metode yang digunakan dalam penelitian yakni SLR (Systematic Literatur Review). Terdapat beberapa artikel yang membahas terkait bepiikir engineering sebagai rujukan dalam penelitian ini. Hasilnnya kemampuan berpikir engineering perlu dimiliki oleh siswa untuk menemukan solusi dalam menjawab permasalahan yang ada. Siswa dapat menganalisis, menemukan masalah, mendesain solusi dengan kreatif untuk memecahkan masalah, serta membuat produk dari hasil desain yang telah dibuat.
Kata Kunci : Berpikir Engineering, Pembelajaran Sains, Systematic Literature Review