PENGGUNAAN MEDIA LOGBOOK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SEBAGAI WUJUD PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ERA GLOBAL

  • Dewi Anggraini P
  • Irawan Tri H
  • Mohammad Zainal F

Abstract

Abstrak: Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia bukan hanya membelajarkan mengenai keterampilan berbahasa saja, akan tetapi juga menumbuhkan karakter siswa. Tuntutan zaman di era global saat ini mengharuskan siswa untuk dapat mengembangkan karakter dan kemampuan berpikir kritis. Kemampuan siswa berpikir kritis sangat diperlukan untuk membuka wawasan dan dapat bermanfaat baik di bidang sosial, budaya, maupun teknologi. Oleh karena itu, diperlukan usaha untuk menciptakan proses dan media pembelajaran yang dapat mengembangkan karakter dan kemampuan berpikir kritis siswa, salah satunya melalui penggunaan media logbook. Penggunaan media logbook ini terintegrasi dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini dilakukan di SDN Jember Lor 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus melalui analisis permasalahan yang ada. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara terhadap guru, kemudian hasilnya dianalisis dan diambil kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah terwujudnya media pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis siswa, untuk memberikan media pembelajaran bagi guru, dan menumbuhkan motivasi belajar siswa dalam belajar mandiri maupun kreatif.


 


Kata-kata Kunci : media logbook, pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendidikan karakter

Published
2017-07-14
How to Cite
ANGGRAINI P, Dewi; TRI H, Irawan; ZAINAL F, Mohammad. PENGGUNAAN MEDIA LOGBOOK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SEBAGAI WUJUD PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ERA GLOBAL. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 743-752, july 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4964>. Date accessed: 17 sep. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.