MEDIA VIDEO EMOTIF SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PUISI

  • M. Syirojudin A’malina Wijaya

Abstract

Abstrak: Artikel ini bertujuan untuk memaparkan pemanfaatan media elektonik sebagai sarana pendidikan karakter pada siswa. Pendidikan karakter merupakan proses pembentukan karakter yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan emosional, spiritualitas, dan kepribadian seseorang. Dengan cara menampilkan media video emotif diharapkan dapat merangsang rasa emosional pada diri siswa. Rangsangan emosi yang mengena pada diri siswa akan tersimpan kuat pada ingatan siswa sehingga dapat membentuk karakter pada diri siswa. Video emotif adalah media yang menyajikan audio dan visual yang bersifat menimbulkan emosi pada diri siswa. Media video emotif sangat cocok untuk ditampilkan pada saat pembelajaran puisi. Puisi yang merupakan karya sastra yang mewakili ekspresi perasaan penulisnya. Sehingga media video emotif dapat ditampilkan pada saat pembelajaran puisi, serta sifat video emotif yang menggunah rasa emosional dapat digunakan sebagai sarana pendidikan karakter pada diri siswa.


Kata-kata Kunci: media video emotif, pendidikan karakter, puisi

Published
2017-07-14
How to Cite
WIJAYA, M. Syirojudin A’malina. MEDIA VIDEO EMOTIF SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PUISI. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 735-742, july 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4963>. Date accessed: 26 sep. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.