PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI ERA GLOBAL: KAJIAN MAKNA

  • Erlina Zulkifli Mahmud

Abstract

Abstrak: Era global merupakan era yang segala informasi dapat diakses tanpa hambatan, tanpa filter baik itu informasi yang positif maupun yang negatif terkait budaya yang tidak sesuai dengan budaya bangsa kita, bisa jadi informasi itu tidak berdasar atau hanya satu kebohongan belaka. Semua mudah diakses melalui berbagai media. Berbagai upaya dilakukan untuk membentengi bangsa ini terkait era global yang ditandai dengan derasnya arus informasi dari berbagai penjuru dunia, antara lain melalui pendidikan karakter yang bisa dilakukan secara langsung maupun secara tidak langsung. Pembelajaran Bahasa Indonesia di era global ini dapat dijadikan sebagai salah satu media pendidikan karakter yang tidak kalah penting dengan media atau bentuk pendidikan-pendidikan karakter lain. Pada pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pembelajaran kosakata, setiap kata digali maknanya hingga diperoleh komponen-komponen makna yang terkandung di dalamnya yang terkait erat dengan nilai-nilai kearifan lokal, nilai-nilai kebangsaan. Metode yang digunakan pada jenis pendidikan karakter ini yaitu metode pembiasaan. Dengan memahami secara mendalam makna yang terkandung pada satu kata, diharapkan para pembelajar Bahasa Indonesia mampu mengembangkan nilai-nilai karakter yang hendak dicapai antara lain, memiliki dan meningkatkan toleransi, cinta tanah air, kepedulian sosial, tanggung-jawab.


 


Kata-kata Kunci: pendidikan karakter, pembelajaran bahasa, kearifan lokal, komponen makna

Published
2017-07-14
How to Cite
ZULKIFLI MAHMUD, Erlina. PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI ERA GLOBAL: KAJIAN MAKNA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 725-734, july 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4962>. Date accessed: 26 sep. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.