NILAI PENDIDIKAN PADA KUMPULAN PUISI DI BUKU PAKET “INILAH BAHASA INDONESIAKU”

  • Dzarna Dzarna

Abstract

Abstrak: Anak adalah masa depan bangsa. Bangsa akan maju jika anak mempunyai karakter yang bagus. Sering kita lihat di televisi anak sekarang lebih berani dari pada anak dahulu. Contoh saja kejadian kriminal. Hal ini disebabkan karakter anak yang buruk. Mendidik anak dapat dilakukan dengan pembelajaran sastra, salah satunya adalah puisi. Puisi adalah karya sastra yang bahasanya singkat. Di dalam puisi tentu terdapat nilai pendidikan. Nilai pendidikan adalah nilai yang dapat merubah situasi hidup yang mempengaruhi pertumbuhan individu. Masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah nilai pendidikan pada kumpulan puisi di buku paket : Inilah Bahasa Indonesiaku”? Tujuan yang ingin dicapai adalah mengetahui bagaimana nilai pendidikan pada kumpulan puisi di buku paket “Inilah Bahasa Indonesiaku”. Buku paket adalah buku yang digunakan anak untuk belajar disekolah. Berdasarkan hasil analisis, nilai pendidikan pada kumpulan puisi di buku paket “Inilah Bahasa Indonesiaku” bahwa puisinya banyak mengandung nilai pendidikan, hal ini sangat baik sekali. Dengan demikian, nilai pendidikan memang harus dan perlu digunakan pada buku yang digunakan siswa karena dapat membentuk karakter siswa yang baik.


 


Kata-kata Kunci: nilai pendidikan, puisi, buku paket

Published
2017-07-14
How to Cite
DZARNA, Dzarna. NILAI PENDIDIKAN PADA KUMPULAN PUISI DI BUKU PAKET “INILAH BAHASA INDONESIAKU”. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 697-704, july 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4948>. Date accessed: 17 sep. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.