PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN SASTRA

  • Arni Gemilang Harsanti

Abstract

Abstrak: Salah satu bagian terpenting di dalam pembelajaran  sastra yang memadai adalah pendidikan karakter. Berdasarkan hasil kajian, diperoleh beberapa simpulan. Pertama, secara hakiki sastra merupakan media pencerahan mental dan intelektual yang menjadi bagian  terpenting di dalam pendidikan karakter.  Kedua, terdapat beragam karya sastra yang harus  diapresiasi yang secara hakiki sangat penting bagi pengembangan karakter. Ketiga, pembelajaran bersastra yang relevan untuk pengembangan karakter adalah pembelajaran yang memungkinkan peserta didik tumbuh kesadaran untuk membaca dan menulis sebagai bagian terpenting dari prasyarat pembentukan karakter. Keempat, buku-buku sastra yang dipandang relevan untuk pembentukan karakter adalah bahasanya indah; mengharukan pembacanya; membawakan nilai-nilai luhur kemanusiaan; serta mendorong pembacanya untuk berbuat baik kepada sesama manusia dan makhluk lainnya.


 


Kata-kata Kunci: sastra, pembelajaran sastra, pendidikan karakter


 

Published
2017-07-11
How to Cite
GEMILANG HARSANTI, Arni. PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN SASTRA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 623-636, july 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4936>. Date accessed: 17 sep. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.