PUISI RAKYAT SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI ERA GLOBAL

  • Inno Cahyaning Tyas

Abstract

Abstrak: Pendidikan karakter adalah salah satu pendidikan dasar yang harus dimiliki oleh setiap insan sebagai bentuk perwujudan dari nilai moral dan budi pekerti. Pendidikan karakter mengajarkan tentang karakter cinta kepada Tuhan YME, kejujuran, sopan santun, baik, rendah hati, dan sikap lainnya yang merupakan nilai-nilai luhur yang universal. Pada Era Global ini pendidikan karakter sudah mulai hilang. Apabila perkembangan di era ini tidak disertai dengan pendidikan karakter maka dampak negatiflah yang akan muncul di segala bidang, salah satunya bidang pendidikan. Untuk mencegah hal tersebut, maka pendidikan karakter itu dapat disisipkan dalam materi pembelajaran di sekolah. Pendidikan karakter ini dapat juga diberikan melalui budaya daerah yang disisipkan dalam matei pembelajan. Salah satu materi pembelajaran tersebut adalah materi pembelajaran puisi rakyat. Puisi rakyat adalah salah satu bentuk sastra lama dan sastra lisan yang didalamnya memuat pendidikan karakter dengan mempertahankan budaya. Contoh materi puisi rakyat yang berisi pendidikan karakter adalah matei pantun. Materi ini sangat sesuai digunakan sebagai pendidikan karakter karena didalamnya memuat nilai-nilai luhur yang merupakan warisan budaya yang meliputi nila moral, nilai agama, dan nila budi pekerti. Melalui materi ini diharapkan dapat mengenal budaya dan belajar nilai-nila luhur melalui makna tersirat dala puisi rakyat sebagai salah satu media pendidikan karakter di lingkungan sekolah.


Kata-kata Kunci: puisi rakyat, pendidikan karakter, PBSI K1

Published
2017-07-07
How to Cite
CAHYANING TYAS, Inno. PUISI RAKYAT SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI ERA GLOBAL. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 597-614, july 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4932>. Date accessed: 17 sep. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.