FUNGSI BAHASA DALAM LIRIK LAGU ANAK-ANAK

  • Eka Nova Ali Vardani

Abstract

Abstrak: Lirik lagu anak-anak dengan menggunakan bahasa sebagai media, yang merupakan lahan subur bagi kajian fungsi bahasa menurut Halliday. Untuk itu, penelitian ini mencoba mengambil bagian dalam mengkaji terhadap sepuluh lirik lagu anak-anak, yang tentunya dengan pendekatan yang berbeda yaitu dengan melihat fungsi bahasa pada lirik lagu anak-anak. Kajian terhadap fungsi bahasa dalam lirik lagu anak-anak akan menarik jika ditinjau dari analisis wacana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama. Adapun prosedur penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian. Dari sepuluh lirik lagu anak-anak yang dianalisis dengan menggunakan fungsi bahasa, hasil analisis sebagai berikut. Pertama. Terdapat dua puluh empat yang mengandung fungsi instrumental. Kedua. Terdapat delapan yang mengandung fungsi regulasi. Ketiga. Terdapat tiga puluh satu yang mengandung fungsi pemerian. Keempat. Terdapat empat yang mengandung fungsi interaksi. Kelima. Terdapat tiga belas yang mengandung fungsi perorangan. Keenam. Terdapat tujuh belas yang mengandung fungsi heuristik. Ketujuh. Terdapat sebelas yang mengandung fungsi imajinatif.


 


Kata-kata Kunci: lirik lagu anak-anak, fungsi bahasa

Published
2017-07-05
How to Cite
ALI VARDANI, Eka Nova. FUNGSI BAHASA DALAM LIRIK LAGU ANAK-ANAK. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 285-294, july 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4887>. Date accessed: 26 sep. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.