KEBERADAAN SASTRA ‘HANYA’ UNTUK MENDUKUNG MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 (Sebuah Telaah Materi Teks Cerita Pendek dalam Buku Bahasa Indonesia, Ekspresi Diri dan Akademik untuk Kelas XI SMA, Semester 1)

  • Elfi Mariatul Mahmuda

Abstract

Abstrak: Sejak Kurikulum 2013 diberlakukan pembelajaran bahasa Indonesia menerapkan pendekatan saintifik. Di samping itu bahasa Indonesia pun diajarkan dengan berbasis teks. Pada jenjang SMA ada tiga teks bermateri sastra dari 15 yang di ajarkan, yaitu cerita pendek, teks pantun, dan teks cerita fiksi dalam novel. Ketiga teks sastra itu dipelajari berdasarkan struktur teks dan kaidah kebahasaannya. Dengan demikian tidak ada lagi pembelajaran khusus sastra karena materi ini menjadi bagian mata pelajaran Bahasa Indonesia. Ini berarti teks-teks sastra itu ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berbahasa bukan terhadap sastra. Bahasa sastra dengan nonsastra memiliki perbedaan sehingga dalam pembelajarannya pun akan memiliki strategi yang berbeda pula. Ini sebuah fenomena yang menarik karena dalam Kurikulum 2013 semua mata pelajaran menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajarannya. Dengan pendekatan kualitatif peneliti mengkaji bagaimana bahan pembelajaran sastra khususnya teks cerita pendek dijabarkan dalam buku berbasis Kurikulum 2013 diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, berjudul Bahasa Indonesia, Ekspresi Diri dan Akademik untuk SMA, Kelas XI Semester 1. Dengan menelaah materi teks sastra pada buku ini, akan diperoleh alternatif pembelajaran sastra khususnya teks cerita pendek di SMA.



Kata-kata Kunci: kurikulum 2013, pendekatan saintifik, pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks, sastra, cerpen

Published
2017-07-03
How to Cite
MARIATUL MAHMUDA, Elfi. KEBERADAAN SASTRA ‘HANYA’ UNTUK MENDUKUNG MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 (Sebuah Telaah Materi Teks Cerita Pendek dalam Buku Bahasa Indonesia, Ekspresi Diri dan Akademik untuk Kelas XI SMA, Semester 1). FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 157-164, july 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4866>. Date accessed: 26 sep. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.