PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING: PENEGUH PERSATUAN ATAS KEBINEKAAN INDONESIA

  • Hidayat Widiyanto

Abstract

Abstrak: Akhir-akhir ini situasi kebangsaan di Indonesia terusik. Hakikat Indonesia sebagai bangsa yang berbineka, yang sudah lama sebagai jati diri bangsa, banyak dibicarakan kembali. Kedewasaan masyarakat Indonesia dengan pesatnya laju teknologi informasi dan komunikasi juga diuji. Melalui media sosial, informasi yang beredar begitu mudah ditanggapi secara kontraproduktif. Di sisi lain pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) saat ini menunjukkan geliat yang semakin positif. Dalam konteks kehidupan berbangsa, pembelajaran BIPA memiliki potensi yang baik dalam membantu memperteguh persatuan Indonesia. Begitu juga, kekuatan kebinekaan yang terawat dengan baik tentu akan membantu pengembangan pembelajaran BIPA. Tujuan makalah ini adalah untuk melihat pembelajaran BIPA dalam kaitannya sebagai peneguh persatuan Indonesia yang saat ini sedang banyak dibicarakan kembali. Teori yang digunakan adalah bahasa sebagai fondasi nasionalisme. Dalam makalah ini akan dideskripsikan secara analitis kaitan antara pembelajaran BIPA dan persatuan Indonesia dalam fenomena saat ini.



Kata-kata Kunci: pembelajaran BIPA, kebinekaan, persatuan

Published
2017-07-03
How to Cite
WIDIYANTO, Hidayat. PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING: PENEGUH PERSATUAN ATAS KEBINEKAAN INDONESIA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 125-134, july 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4862>. Date accessed: 26 sep. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.