ASPEK BUDAYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA)

  • Imam Suyitno

Abstract

Abstrak: Pemahaman aspek budaya memiliki peran penting dalam pembelajaran BIPA. Hal ini terjadi karena pembelajaran BIPA pada hakikatnya adalah pembelajaran budaya Indonesia kepada penutur asing yang belajar bahasa Indonesia. Karena itu, pemahaman terhadap latar belakang budaya pelajar BIPA perlu dimiliki oleh para personalia yang terlibat dalam pembelajaran BIPA. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya konflik budaya yang dapat menghambat kelancaran proses pembelajaran. Selain itu, penguasaan aspek-aspek budaya Indonesia juga merupakan bagian penting yang perlu diperhatikan dan diintegrasikan dalam pembelajaran sesuai dengan norma pedagogis pembelajaran BIPA. Pemahaman terhadap aspek-aspek budaya akan mengarahkan pengajar BIPA dalam penentuan strategi pembelajaran BIPA. Selain itu, aspek-aspek budaya tersebut juga menjadi bagian dari materi ajar yang perlu dibelajarkan kepada pelajar BIPA. Pembelajaran dan pengenalan materi budaya tersebut perlu dilakukan karena pelajar asing memiliki pengetahuan budaya dan perilaku budaya yang berbeda dengan budaya bahasa dan budaya berbahasa yang dipelajarinya. Karena itulah, mengajarkan bahasa Indonesia kepada pelajar asing memiliki karakteristik yang berbeda dengan mengajarkan bahasa Indonesia kepada pelajar Indonesia.


 


Kata-kata Kunci: budaya, BIPA, penutur asing

Published
2017-07-03
How to Cite
SUYITNO, Imam. ASPEK BUDAYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA). FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 55-70, july 2017. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4856>. Date accessed: 26 sep. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.